Fish Egg Incubator

1 fish egg incubator

Hallo guys, sahabat aquafest tau gak sih, ternyata telur ikan juga perlu diinkubasi loh, supaya daya tetasnya makin tinggi. Oke mari kita kupas  mengenai alat inkubasi telur ikan ini.


Ada banyak nih sebutan buat tools ini, ada yang menyebutnya tabung penetasan, corong penetasan, sistem penetasan resirkulasi, McDonald Jar. Nah apapun namanya yang jelas alat ini fungsinya sama yaitu mengoptimalkan proses penetasan telur ikan. Eitsss McDonald Jar?, kaya nama orang tuh, sebenarnya siapa sih McDonald itu. Yaps jadi nama McDonald dijadikan nama tabung ini karena beliau yang menemukan inovasi ini pada tahun 1971. Awalnya McDonald menciptakan alat ini untuk menetaskan ikan salmon, ikan Cod, dan ikan halibut, namun sekarang sudah dikomersilkan dan menjadi tabung penetasan untuk semua jenis ikan. Atas inovasinya McDonald mendapat award dari beberapa institusi perikanan dunia diantaranya dari International Fisheries Exhibition at Berlin and London, dan the Société d’Acclimation in Paris. Makasih ya Om Donald atas inovasinya, alat ini sangat membantu para pembudidaya.


Gimana sih cara kerja dari inkubator ini? Caranya cukup simpel, yaitu menjaga agar telur tetap bergerak dengan dorongan pemasukan air melalui pipa hingga mencapai dasar tabung, sehingga air dapat mengerakan semua telur (Woynarovich dan Horvath 1980). Selain itu sistem resirkulasi ini juga memiliki keuntungan lain, yaitu mengurangi perkembangan jamur yang dapat merusak telur sehingga tidak menetas. Setelah telur menetas, sistem ini didesain agar larva yang telah menetas bisa keluar dengan mudah bersama air lewat saluran outlet dari tabung, dan cangkang serta telur yang tidak menetas tetap berada di dalam tabung (automatically terpisah antara larva dan cangkang, telur yang tidak menetas).

Menarik bukan? Sahabat aquafest terus update informasi unik tentang perikanan dari aquafest ya, dan nantikan acara aquafest 2017 di bulan oktober, Don’t miss it.
Salam akuakultur ….


#31daysbloomingaquafest
#aquafest2017
#aquaculturefestival 


Sumber: Petunjuk teknis pembenihan ikan patin Djambal (KKP) dan wikipedia.org

Leave a Reply

Your email address will not be published. Required fields are marked *